Home / Berita / Daerah / Medan / Nasional / Reviews

Jumat, 6 Juli 2018 - 12:04 WIB

Menhan Rencanakan Pemindahan Lanud Soewondo Medan

Viewer: 1286
0 0
Terakhir Dibaca:1 Menit, 14 Detik

KompasNasional.com – Pemerintah berencana memindahkan Lapangan Udara (Lanud) Soewondo Medan, dari kawasan Medan Polonia ke lokasi baru. Namun pemerintah belum memutuskan lokasi baru tempat pemindahan tersebut.

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu mengatakan, pemindahan Lanud Soewondo akan dilakukan karena lokasinya yang saat ini berada di tengah Kota Medan, dianggap tidak lagi layak untuk mendukung operasional TNI AU.

Operasional Lanud Soewondo di lokasi saat ini juga dianggap dapat menimbulkan persoalan panjang, seperti yang terjadi pada saat jatuhnya Pesawat Hercules C-130 milik TNI AU di kawasan Djamin Ginting, Medan pada tahun 2015 lalu.

Baca Juga  40 Anak Kapuas Hulu Terima Vaksinasi

“Iya itu rencana kita semua (pemindahan). Saya sudah beberapa kali datang kesana. Tapi belum selesai. Ini memang ranahnya kita (Kemenhan). Tapi kita masih bahas dengan instansi lain, karena ini lintas instansi. Akan kita bahas terus, sehingga misalnya jadi pindah, akan berjalan lancar,”sebut Ryamizard usai memberikan pengarahan kepada 1.200 prajurit TNI AD, TNI AU dan TNI AL di wilayah Medan, Rabu (5/7/2018)

Ryamizard menegaskan, lokasi baru Lanud Soewondo idealnya berada di luar kota, namun tak terlalu jauh dari Medan karena Lanud tersebut akan digunakan juga untuk tempat mendarat tamu-tamu VVIP yang akan berkunjung ke Medan. Sementara untuk luasan lahan, menurut Ryamizard setidaknya tiga kali lebih luas dari yang ada saat ini.

Baca Juga  Tinjau Stasiun Pasar Senen, Kapolri Imbau Warga Mudik Sebelum Tanggal 28 April

“Harus lebih luas. Kalau mau ditukar harus tiga kali lebih luas. Karena nanti akan kita lengkapi dengan asrama dan fasilitas lain yang mendukung operasional TNI AU. Untuk persoalan penyelesaian tanahnya, harus dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” tegas Ryamizard.(Okezone/TR)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Bantu Ungsikan Warga, Relawan Laznas LMI Dirikan Pos

Arsip

Rupiah Dibuka Menguat ke Rp 13.526 per USD Meski Ada Demo 2 Desember

Berita

Melalui Kuasa Hukumnya Terpidana Kasus Korupsi Hutan Tele, Eks Bupati Tobasa Serahkan Uang Denda Sebesar Rp 50 Juta

Berita

Walikota P.Sidimpuan Buka Turnamen Bola Voli Aligator Cup

Berita

Pemuda Miliki Gangguan Jiwa, Bakar Rumah Orangtuanya Hinggah Ludes

Berita

Asops Kasad Didampingi Kasdam XII/Tpr Periksa Kesiapan Operasi Satgas Yonif 645/Gty

Berita

Menjelang Reshuffle, Jokowi Dua Hari Rapat Internal

Berita

Disambut Hangat,Kapolres Melawi Berikan Wejangan dan Semangat Kepada Peserta dan Pembina Pendamping PERANSAKANAS Tahun 2022