Home / Berita / Daerah / Nasional / Reviews

Kamis, 27 September 2018 - 14:42 WIB

Harimau Betina Ditemukan Tewas di Tepi Jurang

Kompas.com
Harimau Sumatera berhasil meloloskan diri dari jerat. Namun tali jerat tersangkut di semak dan membelit pinggangnya sehingga menggantung di tepi jurang dan membuatnya mati

Kompas.com Harimau Sumatera berhasil meloloskan diri dari jerat. Namun tali jerat tersangkut di semak dan membelit pinggangnya sehingga menggantung di tepi jurang dan membuatnya mati

Viewer: 521
0 0
Terakhir Dibaca:1 Menit, 27 Detik

KompasNasional.com – Harimau Sumatera ditemukan tewas terlilit tali jerat di tepi jurang Desa Muara Lembu, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, Rabu (26/9). Satwa malang itu, diketahui berjenis kelamin betina.

Sebelumnya, Harimau Sumatera berjenis kelamin betina ini ternyata berhasil meloloskan diri dari jeratan. Hal itu diungkapkan oleh Kasubbag Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Dian Indiarti.

BBKSDA Riau menemukan Harimau itu sekitar pukul 12.30 WIB dengan tali jerat membelit pinggangnya. “Tim menemukan bangkai Harimau, diperkirakan Harimau tersebut berhasil meloloskan diri dari jerat. Namun, tali jerat tersangkut di semak dan membelit pinggangnya sehingga menggantung di tepi jurang dan membuatnya mati,” kata Dian, Rabu (26/9) sore.

Baca Juga  BPBD Kapuas Hulu Catatkan 11 Orang Meninggal Tenggelam Sepanjang 2021

Penemuan bangkai satwa dengan nama ilmiah Panthera Tigris Sumatrae tersebut, bermula ketika kepala seksi konservasi wilayah I BKSDA Riau, Mulyo Hutomo menerima laporan dari masyarakat adanya harimau yang terjerat di perbatasan Desa Muara Lembu dan Pangkalan Indarung, Selasa (25/9).

“Tim rescue langsung ke lokasi. Jaraknya sekitar dua jam dari resort Petai menggunakan roda dua. Kemudian tim menyisir lokasi sampai ke titik jerat,” jelasnya.

Setibanya di lokasi, petugas tak menemukan Harimau itu lagi. Namun, ditemukan adanya 2 jerat yang terbuat dari benang nilon. Kemudian, tim menelusuri sekitar lokasi untuk menemukan adanya tanda satwa dilindungi yang berhasil meloloskan diri.

Baca Juga  Video Petugas Tol Wanita Ditampar dan Ditendang Pengendara di Loket

“Tapi tim tidak menemukan jejak aktifitas manusia di sekitar TKP.
Karena hari telah gelap, tim memutuskan kembali melakukan penyisiran keesokan harinya,” ucapnya.

Akhirnya setelah ditelusuri kembali, barulah petugas menemukan bangkai seekor Harimau dalam keadaan tergantung di tepi jurang. Lantas saja petugas langsung membebaskan Harimau betina dewasa itu dari jeratannya.

“Bangkainya dibawa untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di klinik transit Balai Besar KSDA Riau. Kita sangat menyayangkan kematian satwa yang dilindungi tersebut, apalagi satwa betina dewasa yang siap untuk melahirkan anak-anak harimau selanjutnya,” pungkasnya.(JPC/TR)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

VAKSIN SINOVAC COVID-19 TIBA DI TOBA

Berita

Puluhan Warga Kelurahan Sipirok Godang Aksi Unjuk Rasa Di Kantor Bupati Tapsel

Berita

Peduli dengan Warga Binaan, Babinsa Koramil Sayan Sambangi Warga Penyandang Disabilitas

Berita

Bupati Labuhanbatu Minta Seluruh Usulan Pembangunan di Desa dan Kecamatan Jadi Prioritas

Berita

DPRD Umumkan Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Tapsel Terpilih Hasil Penetapan KPU

Arsip

Beberapa Terpidana Mati Kasus Narkoba Akan Berakhir Hidupnya Pekan Ini

Berita

Kasus Suap Gubenur Aceh, Steffy Burase Penuhi Panggilan KPK

Berita

Dorong Kegiatan Ekonomi Mikro di Kecamatan Sekayam Sanggau, PLN Bantu Pengadaan Mesin Produksi