Home / Berita / Medan / Nasional / Reviews

Senin, 8 Oktober 2018 - 10:52 WIB

Presiden Resmi Buka MTQ Nasional

Presiden Jokowi saat resmi membuka MTQ Nasional XXVII 2018.

Presiden Jokowi saat resmi membuka MTQ Nasional XXVII 2018.

Viewer: 715
0 0
Terakhir Dibaca:1 Menit, 27 Detik

KompasNasional.com,Medan –  Presiden Joko Widodo resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional XXVII di Sumatera Utara, Minggu (7/10/2018) malam. Jokowi berharap pelaksanaan MTQ di Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang menjadi salah satu sumber kesejukan dan mata air melimpahnya persatuan Islam, bangsa, dan kemanusiaan.

“Hati kita seharusnya merasa damai setiap kali membaca Alquran, merasa tentram setiap kali mendengarkan lantunan ayat suci Alquran. Perasaan damai dan tenteram itu harus kita rawat, harus kita tularkan dalam kehidupan sehari-hari. Saya percaya dengan begitu tidak ada lagi yang namanya hoaks, yang namanya fitnah memfitnah, caci-mencaci di antara sesama umat. Tidak ada lagi gesekan antara sesama sebangsa dan setanah air Indonesia,” kata Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaan MTQ Nasional XXVII di kompleks Astaka, Kota Medan, Sumut.

Baca Juga  Jelang Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2022, Polda Kalbar Gelar Operasi Liong Kapuas

Menurut Presiden, sejak diturunkan pertama kali, Alquran sudah menjadi pedoman umat Islam untuk keluar dari fase penuh kegelapan menuju fase terang benderang. Alquran telah menjadi petunjuk bagi manusia dan sebagai penjelas antara yang hak dan yang batil. Bahkan Alquran juga menjadi sumber inspirasi bagi ulama dan akademisi untuk menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akhirnya menghadirkan kemajuan bagi kehidupan manusia.

“Karena itu saya mengajak semuanya untuk memandang MTQ bukan hanya sebuah acara rutin, bukan hanya lomba menang kalah dan seni membaca Alquran, tapi suntikan energi bagi umat Islam di Indonesia untuk membumikan Alqruan dalam dunia nyata. Membumikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim,” ujarnya.

Baca Juga  Kemendikbud Guru Fresh Graduate Pacca Gempa dan Tsunami Palu

Presiden mengingatkan bahwa Islam adalah agama rahmatan lil alamin yang menjadi berkah bagi alam semesta. “Karena itu sebagai umat muslim, kita harus menjaga kerukunan, menjaga persaudaraan, menjaga persatuan karena kerukanan, persaudaraan dan persatuan adalah kekuatan utama bangsa Indonesia untuk bergerak maju dan menjadi sumber energi bagi kita untuk mewujudkan Indonesia yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” kata Jokowi. (Sindo/TR)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Sekda Tapsel : Persoalan Penurunan Angka Prevalensi Stunting Bisa Diselesaikan dengan Cara Teamwork

Berita

Kegiatan Asesmen Pengangkatan Kepsek di Disdik Pematangsiantar Lakukan Pengutipan juga Diduga Tidak Transparan

Berita

Ditinggal Ayah Mengisi Ponsel ke Tetangga Balita Tewas Terpanggang di Rumah

Berita

POLRES SAMBAS DAPAT PENGHARGAAN SEBAGAI PENATA USAHA BMN TERBAIK*

Berita

Memonitoring Wilayah Binaan, Babinsa Serawai Bekali Dengan Komsos Untuk Jalin Silaturahmi

Arsip

Detik-detik Sutiyoso Diberitahu Jokowi Bakal Dicopot Sebagai KaBIN

Berita

Putusan MK Buat Hello Tersungkur, Usman-Bassam Sujud Sukur

Medan

Polres Labuhanbatu Gerebek Kampung Narkoba Padangbulan, 12 Orang Diamankan