Home / Berita / Ekonomi / Nasional

Kamis, 11 Januari 2018 - 12:00 WIB

Pendapatan UKM Anggota Bukalapak Melonjak 3 Kali Lipat di 2017

Viewer: 458
0 0
Terakhir Dibaca:1 Menit, 26 Detik

KompasNasional.Com, Jakarta – Salah satu perusahaan jual-beli online asal Indonesia, Bukalapak, menyampaikan pendapatan usaha kecil dan menengah (UKM) yang menjadi anggotanya, meningkat hingga tiga kali lipat sepanjang 2017. CEO Bukalapak Achmad Zaky menyebut startup yang ia dirikan ini terus menjadi platform online marketplace yang tepercaya di Indonesia.

“Selama delapan tahun ini, Bukalapak terus berupaya meningkatkan kapasitas UKM di Indonesia,” kata Zaky, dalam acara hari ulang tahun Bukalapak yang ke-8 di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 10 Januari 2018.

Menurut Zaky, komitmen untuk meningkatkan kapasitas UKM merupakan salah satu ikhtiar Bukalapak guna memajukan ekonomi digital di Indonesia. Bukalapak, kata dia, ingin menjadi aset terbaik bagi Indonesia yang bisa menjadi sumber kesejahteraan UKM. “Juga menjadi pembayar pajak terbesar di Indonesia.”

Bukalapak sendiri resmi didirikan Zaky dan Nugroho Herucahyono (CTO Bukalapak) pada 10 Januari 2010. Bersama dengan Go-Jek, Traveloka, dan Tokopedia, startup yang memiliki misi “Memberdayakan UKM yang ada di seluruh penjuru Indonesia” ini resmi menjadi unicorn ke-empat di Indonesia. Unicorn adalah label yang diberikan bagi startup dengan valuasi mencapai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13,4 triliun.

Zaky menambahkan, sampai awal 10 Januari 2018, Bukalapak sudah memiliki 35 juta pengguna aktif setiap bulannya atau monthly active user (MAU). Dengan demikian, sekitar 30 persen dari netizen Indonesia pernah berkunjung ke Bukalapak. Adapun jumlah transaksi Bukalapak per harinya diklaim mencapai 320 ribu transaksi. “Ini menunjukkan Bukalapak semakin dipercaya masyarakat.”

Baca Juga  18 Atlet Russhel Taekwondo Club Ikuti Kejurda Memperebutkan Piala Wali Kota Medan

Tak hanya itu, Zaky menyebut komunitas Bukalapak sampai saat ini sudah mencapai 80 komunitas, yang tersebar di seluruh Indonesia. Angka lebih banyak tercatat pada jumlah pelapak, sebutan untuk UKM yang ikut berjualan di Bukalapak, yang sudah mencapai 2,2 juta. “Di usia kami yang kedelapan, kami berharap dapat terus tumbuh dengan semangat yang baru,” ujarnya.[TC/TR]

Baca Juga  Kasus Pasien Meninggal Usai Dibius, Obat Anestesi Dicabut Izin Edar
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Jajaran Personel Polsek Batu Ampar di Pecat, PTDH

Berita

Wawako Bahasan Tinjau Persiapan Sambut Menteri Sandiaga

Berita

Penyuluhan Hukum Insentif Investasi di Samosir

Berita

Pemkab Tapanuli Utara Sambut Kunjungan Tim Pembinaan dan Monitoring TP. PKK Provsu.

Berita

Kapolres Kubu Raya Sampaikan Pesan Ini Saat Rayakan HUT Polwan Ke-74 

Berita

Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Bulan Bung Karno, Bupati Taput Tanam Serentak Bunga Bougenville dan Pohon Berbuah di Sepanjang Kota Tarutung

Daerah

Ketua LMA Silaturahmi ke Kapolda Metro Jaya meminta di Mediasi KPK dan Sekda Papua

Berita

Ketum IAI Silaturahmi dengan Wali Kota Pontianak