Home / Berita / Ekonomi / Medan / Reviews / Travel

Jumat, 19 Januari 2018 - 10:55 WIB

Menteri ESDM Resmikan Gedung Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba di Open Stage Parapat

Viewer: 517
0 0
Terakhir Dibaca:3 Menit, 26 Detik

KompasNasional.com, Parapat  –Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Ignasius Jonan meresmikan Pusat  Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba di Open Stage Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Kamis (18/1).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita Gedung Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera oleh Menteri ESDM  dan selanjutnya peninjauan isi gedung didampingi seluruh rombongan.

Dalam sambutannya Menteri ESDM menerangkan Kaldera Toba dengan keunikan super volcano membentuk kaldera gunung api, sepantasnya masuk deretan global geopark.

Letusan gunung api yang dahsyat terjadi 74 ribu tahun silam hingga bumi dilanda musim dingin berkepanjangan, menyebabkan kepunahan pada sebagian mahluk hidup, namun letusan katastrofik tersebut membentuk kaldera lekukan Danau Toba seluas 1.130 kilometer kubik dengan kedalaman 550 meter dan dinding Kaldera Toba mencapai 3.658 Km2 berada di delapan kabupaten yang menyisakan beragam geologi unik di sekitar kaldera.

Untuk mewujudkan Kaldera Toba menjadi anggota Unesco Global Geopark, dikatakannya perlu  upaya yang melibatkan Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, Badan Pengelola, dan pihak terkait.

Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba dapat terwujud atas kerjasama Badan Geologi dan Pemerintahan Kabupaten Simalungun.

Bangunan Pusat Informasi Kaldera Danau Toba berukuran 17 x 8 meter di kawasan Pagoda pantai bebas, panggung pertunjukan Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun Parapat. Sementara  itu pengisian materi informasi dilakukan Kementerian ESDM melalui Badan Geologi.

Menteri mengungkapkan pihaknya melakukan kunjungan kerja bersama Pemerintah Daerah untuk mengetahui kesiapan Badan Pengelola Geopark Nasional Kaldera Toba menghadapi assesmen dari Unesco Global Geopark.

Baca Juga  Wujudkan Program 100 Hari Kerja, Bupati Samosir Secara Resmi Laksanakan Pembukaan Ruas Jalan Bonan Dolok - Hasinggahan.

Selain untuk meresmikan Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba di Open Stage Parapat, Menteri ESDM mengatakan kunjungan kerja selama dua hari Kamis (18/1) dan Jumat (19/1) ia akan berkeliling ke beberapa geoarea Geopark Kaldera Toba.

“Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Badan Geologi berperan serta dalam pembentukan geopark. Hal ini dimungkinkan berdasarkan Permen ESDM No.13 tahun 2016 tentang Organisasi Tata Kerja Kementerian ESDM yang bertugas menyelenggarakan penelitian, penyelidikan, dan pelayanan di bidang sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah, dan geologi lingkungan, serta survei geologi,” ungkapnya.

Sebagai institusi yang diberi amanat untuk melakukan penelitian, penyelidikan, dan pelayanan dalam bidang kegeologian, Badan Geologi melakukan perlindungan terhadap sumber daya geologi yang penting dan unik, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 26 tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, katanya.

Di dalam peraturan tersebut, kata Menteri ESDM, terutama  pasal 51 huruf (e), mengatur tentang Kawasan Lindung Geologi. Berlandaskan peraturan tersebut, Badan Geologi berupaya menginventarisasi kawasan lindung, menentukan peringkat keunikan, makna warisan Geologi serta menetapkannya sebagai Kawasan Cagar Alam Geologi melalui Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No.32 tahun 2016, ujar Ignasius.

Dituturkannya, keragaman geologi serta warisan geologi adalah modal dasar bagi pembentukan sebuah geopark, sehingga Badan Geologi telah melakukan inventarisasi keragaman geologi serta menentukan warisan geologinya sebagai modal pembentukan Geopark Kaldera Toba yang saat ini sebagai institusi yang melakukan penelitian, penyelidikan, dan pelayanan di bidang kegeologian.

Baca Juga  Ayi Rianto Gantikan Didik Sadikin Sebagai Kepala BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Badan Geologi juga turut membantu pengisian Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba untuk menambah daya tarik wisata Danau Toba dan Program Destinasi Pariwisata Unggulan.

Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba dibangun di samping Open Stage Parapat berdasarkan permintaan Pemerintah Kabupaten Simalungun yang bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait informasi keragaman Geologi Kaldera Toba, keragaman hayati, dan budaya yang menjadi syarat sebuah geopark.

Informasi ini merupakan bagian dari pendidikan kepada masyarakat untuk menumbuhkan rasa cinta melindungi warisan geologi dan sadar terhadap pentingnya pelestarian bumi.

Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba dapat terwujud atas kerjasama Badan Geologi dan Pemerintahan Kabupaten Simalungun, agar Sumatera Utara dapat menjadi etalase Geopark Nasional Kaldera Toba.

Salah satu keunikan ini dapat mengangkat Kaldera Toba sebagai destinasi wisata dunia selain Pulau Bali yang lebih populer sejak dulu. Geopark Kaldera Toba juga diharapkan bisa mengikuti jejak dua geopark Indonesia di tingkat dunia yakni Geopark Kaldera Batur dan Geopark Gunung Sewu. Melalui program Geopark ini masyarakat diharapkan berperan aktif dan mendapat keberkahan sesuai dengan cita-cita mulia geopark, tutup Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Dalam acara turut hadir, Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung, Badan Geologi Rudi Suhendar,  Wakil Bupati Kabupaten Simalungun Amran Sinaga MSi,  perwakilan dari kabupaten kawasan Danau Toba,  Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan Sik, Kadis Parawisata Simalungun Pahala Sinaga, Kapolsek Parapat AKP H Sihombing dan instansi pendukung.

[SIB/TR]

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Samosir Kedua Tertinggi Vaksinasi se-Sumatera Utara, Dapat Pasokan 20.000 Dosis Vaksin

Berita

Pemko P.Sidimpuan Giat Jumat Bersih Seputaran Pasar Sagumpal Bonang

Berita

Berkoordinasi Dengan Satuan Gugus Tugas Covid-19, Puluhan SMA/SMK Pematang Siantar Serentak Gelar Simulasi PTM Terbatas

Berita

Pengurus Himpunan Pelajar Mahasiswa Botang Lomang, Resmi dilantik

Berita

Antisipasi Peningkatan Penyebaran Covid-19, Wabup Taput Himbau Masyarakat Tetap Waspada dan Instruksikan Jajarannya Makin Gigih Mengedukasi Masyarakat.

Berita

Kapolda Kalbar Tutup Pendidikan 260 Siswa Bintara Polri di SPN

Berita

Bupati Kapuas Hulu Melonching Layanan Pembayaran PBB dan BPHTB online

Berita

Kucurkan Anggaran Rp. 197 Milyar, PLN Siap Listriki 56 Desa/Dusun di Kalbar