Home / Berita / Daerah / Internasional / Korupsi / Nasional / Reviews

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:48 WIB

KPK Geledah Rumah James Riady Terkait Dugaan Suap Perizinan Meikarta

Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah memberikan keterangan pers di Gedung KPK, Jakarta, Senin (8/10). (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)

Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah memberikan keterangan pers di Gedung KPK, Jakarta, Senin (8/10). (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)

Viewer: 542
0 0
Terakhir Dibaca:2 Menit, 14 Detik
Kompasnasional.com-Penyidik KPK menggeledah kediaman bos Lippo Group James Riady. Proses penggeledahan dilakukan dalam rangkaian penyidikan perkara dugaan suap pengurusan perizinan proyek Meikarta di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Selain kediaman James, KPK pun melakukan penggeledahan terhadap 4 lokasi lainnya hari ini. Sehingga total 5 tempat digeledah oleh penyidik KPK.
“Setelah lakukan penggeledahan di 5 lokasi sejak Rabu siang sampai tengah malam tadi, penyidik melanjutkan kegiatan tersebut ke 5 tempat lain hingga pagi ini,” ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dihubungi, Kamis (17/10).
“Lima lokasi yang digeledah KPK tersebut di antaranya Apartemen Trivium Terrace Lippo Cikarang, rumah James Riady, kantor Dinas PUPR, kantor Dinas Lingkungan Hidup, serta kantor Dinas Pemadam Kebakaran,” jelas Febri.
Sebelumnya penyidik KPK juga menggeledah lima lokasi lainnya dalam kasus ini. Lima lokasi itu di antaranya Kantor Bupati Bekasi, Rumah Bupati Bekasi, Kantor Lippo yang terletak di Matahari Tower Tangerang, kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi, serta kediaman dari Billy Sindoro.
Dari kelima lokasi tersebut, sejumlah uang dan dokumen yang terkait dengan pengurusan perizinan proyek Meikarta berhasil diamankan KPK.
“Dari sejumlah lokasi tersebut kami mengamankan dan menyita dokumen-dokumen terkait dengan perizinan karena kasus ini perizinan, tentu saja dokumen yang relevan yang disita adalah yang terkait dengan perizinan tersebut,” kata Febri.
Hingga pagi ini, KPK menyebut setidaknya total ada 10 lokasi yang telah atau tengah digeledah oleh KPK terkait proses penyidikan kasus ini.

James Riady (Foto: Wikimedia Commons)

Kasus dugaan suap terkait perizinan proyek Meikarta terungkap dari operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Kabupaten Bekasi dan Surabaya. Dalam kasus dugaan suap perizinan Meikarta ini, KPK menetapkan sembilan orang tersangka.
Sebagai pihak yang diduga pemberi suap, Billy Sindoro selaku Direktur Operasional Lippo Group, Taryudi selaku konsultan Lippo Group, Fitra Djaja Purnama selaku konsultan Lippo Group, Henry Jasmen selaku pegawai Lippo Group.
Sementara pihak yang diduga penerima suap adalah Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, Kadis PUPR Kabupaten Bekasi Jamaludin, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Bekasi Sahat MBJ Nahor, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Bekasi Dewi Trisnawati, dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Bekasi Neneng Rahmi.
Kesembilan tersangka itu diduga terlibat suap pengurusan izin untuk mega proyek Meikarta. Komitmen fee untuk pengurusan berbagai perizinan di proyek Meikarta adalah Rp 13 miliar. Namun, diduga suap yang baru terealiasi sebesar Rp 7 miliar.
Meikarta merupakan proyek perusahaan properti PT Lippo Karawaci Tbk dan PT Lippo Cikarang Tbk. Proyek itu dikerjakan oleh PT Mahkota Sentosa Utama (MSU), anak usaha PT Lippo Cikarang Tbk.
Kuasa hukum PT MSU, Indrayana Centre for Government, Constitution, and Society (INTEGRITY), mengaku prihatin dengan praktik suap yang terjadi di dunia bisnis, khususnya dalam pengerjaan proyek Meikarta.(Kumparan/Aw)
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Baca Juga  Mari Hayati Rangkaian Acara Perayaan Dan Peringatan Pada Tahun 2020

Share :

Baca Juga

Berita

Lapas Kelas IIA Pematang Siantar Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Razia Insidentil

Berita

“Selai Tabo Harimonting” Bawa SMA  RK Budi Mulia Pematangsiantar Raih Juara III  Lomba Bisnis Plan

Berita

Polda Kalbar Gelar Vaksin Massal, Targetkan 1.000 Dosis dan Menyasar Para Santri Serta Masyarakat Umum

Internasional

Merasa Kepanasan, Seorang Perempuan Buka Pintu Darurat dan Naik ke Sayap Pesawat

Arsip

Siapa Permainkan Harga Cabai?

Berita

Siapkan Rusunawa Jadi RS Lapangan Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Arsip

Justin Beiber ‘Bunuh’ Akun Instagram, Ada Apa?

Berita

HUMBAHAS, AKAN TERJADI “PHK”, BUKAN ISSU LAGI….!