Home / Berita / Nasional / Opini / Reviews

Selasa, 30 Januari 2018 - 16:52 WIB

Benarkah Penggunaan Masker Bedah Dapat Mencegah Flu?

Viewer: 623
0 0
Terakhir Dibaca:2 Menit, 4 Detik

KompasNasional.com – Kita sering melihat banyak orang menggunakan masker dalam aktivitas sehari-hari mereka. Salah satu jenis masker yang sering digunakan adalah masker bedah.

Alasan penggunaan masker ini umumnya adalah menghindari debu atau virus yang ada di udara, seperti flu. Tapi benarkah masker bedah dapat mencegah kita tertular flu?

Dilansir dari Time, Jumat (26/01/2018), Dr Sherif Mossad, spesialis penyakit menular di Klinik Cleveland, Amerika Serikat menyebut bahwa benar bahwa masker bedah dapat membantu mencegah flu.” Flu dibawa dalam udara, sehingga masker secara mekanis akan mencegah virus flu menyerang orang lain,” ungkap Mossad.

Dia juga menyebut bahwa penggunaan masker ini juga dapat mencegah Anda menulari orang lain jika Anda yang sakit. Begitu pula sebaliknya, saat berada di sekitar orang yang sakit, menggunakan masker membuat Anda terhindar dari flu.

Masker bedah merupakan benda yang dapat dengan mudah Anda temui. Anda bisa membelinya di apotek atau beberapa toko. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli masker bedah.

Baca Juga  Bupati Tapanuli Utara Kembali Ingatkan Seluruh PNS Menjadi Pelopor Membangun Bona Pasogit Sesuai Fungsi dan Tugas

“Sebuah masker sekali pakai akan sangat baik, pastikan catatan pada kemasan yang dapat melindungi dari partikel udara,” ujar Dr Susan Besser, dokter keluarga di Overlea, Baltimore, Maryland, A.S.

“(Masker) sekali pakai adalah yang terbaik dan Anda harus membuang masker setelah menggunakannya setiap sekali pakai,” imbuh Besser.

“Jika masker basah – maka masker akan menyerap air – sehingga efektivitas efek perlindungannya akan berkurang,” kata Besser lagi.

Meski disebut mampu mencegah flu, kita perlu menyadari bahwa masker tidak 100 persen efektif dan perlu strategi lainnya untuk terhindar dari penyakit tersebut. Besser menyebut, saat kita terkena flu, cara utama agar tidak menularkannya pada orang lain adalah tinggal di rumah hingga sembuh.”Mencuci tangan adalah yang paling penting,” ujar Besser ketika ditanya cara menghindari virus flu.

Baca Juga  Koperindag Samosir Terjerat Masalah Proyek DAK 20 Miliar TA 2023 Gagal; Kepemimpinan ┬áKepala Dinas dipertanyakan

Meski cukup efektif mencegah flu, ternyata penggunaan masker bedah tak sepenuhnya di sarankan.”Saya pikir menggunakan masker setiap saat di tempat umum untuk mencegah penularan flu tidak disarankan untuk sebagian besar penduduk,” kata Mossad.

Mossad menyebut bahwa orang yang perlu menggunakan masker adalah yang memiliki sistem kekebalan tubuh (imun) lemah. Bagi orang dengan sistem imun yang lemah, masker akan berguna saat mereka berada dalam satu ruang bersama dengan orang yang sakit.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Besser.

“Pendapat pribadi saya adalah, masker bagi orang sehat sangat mengganggu dibandingkan berguna. Jika Anda benar-benar menggunakan masker untuk perlindungan atau pencegahan, Anda harus memakainya sacara praktis selama 24/7 untuk menghindari kemungkinan kontak,” ungkapnya.

“Tapi jika Anda sedang sakit secara aktif, tolong pakai masker. Bantu agar orang lain tetap sehat dan hindari penyebaran flu,” tutupnya.(Kompas/TR)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

PBB Dinyatakan Sah sebagai Peserta Pemilu 2019

Berita

Kapolda Kalbar Beri Penghargaan 11 Personelnya Dalam Percepatan Vaksinasi Covid-19

Berita

Pemerintah Kabupaten Melawi Melaksanakan Acara Serah Terima Jabatan Bupati Melawi*

Berita

Melalui Senam Bersama Persit KCK Cabang XLVII Kodim 1203 Jaga Solideritas

Berita

Berkunjung ke Sumut, DPD RI Minta Keterangan IHPS I Tahun 2020 kepada Pemko Siantar

Berita

Polres Sintang Musnahkan 1,7 Ons Narkotika Jenis Sabu

Berita

Persit KCK Daerah XII/Tanjungpura Gelar Syukuran HUT ke-76

Berita

Gubernur Kalbar : Jelang Idul Fitri, Angka Covid-19 Naik Dua Kali Lipat Dalam Kurun Waktu Sebulan.