Home / Berita / Kesehatan / Reviews

Senin, 12 Februari 2018 - 13:44 WIB

Tertawakan Diri Sendiri Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Viewer: 520
0 0
Terakhir Dibaca:1 Menit, 9 Detik

KompasNasional.com – Pernahkah Anda melontarkan lelucon tentang diri Anda sendiri untuk menarik perhatian orang lain? Terkadang melontarkan lelucon tentang diri sendiri memang terkesan memalukan. Namun Anda jangan khawatir karena sebuah penelitian mengungkap bahwa melontarkan lelucon tentang diri sendiri ternyata berdampak baik pada mental Anda.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Personality and Individual Differences menyebut bahwa orang yang sering membuat lelucon tentang diri mereka untuk perhatian orang lain ternyata memiliki kemapanan psikologi yang lebih tinggi.

Dilansir dari Indian Express, meskipun bertentangan dengan beberapa penelitian dari psikologi humor para pendahulunya, namun kini, sejumlah besar literatur penelitian justru menyebut bahwa membuat lelucon diri sendiri untuk menarik perhatian orang lain akan melenyapkan efek psikologi negatif dalam sebuah forum.

Baca Juga  Warga Kapuas Hulu Antusias Ikut Vaksin Massal

“Secara khusus, kami telah mengamati bahwa melontarkan lelucon diri sendiri menunjukkan nilai kemapanan psikologis seperti kebahagiaan dan keramahan,” kata Jorge Torres Marin, salah satu kepala peneliti dari Universitas Granada di Spanyol.

Dia mengatakan bahwa penelitian ini sangat bertolak belakang dengan penelitian sebelumnya yang menyebutkan bahwa melontarkan lelucon diri sendiri demi menarik perhatian orang lain terkait dengan rendahnya kepercayaan diri dan lemahnya psikologi seseorang.

Baca Juga  Pengedar Narkotika Jenis Sabu Kembali di Tangkap Satresnarkoba Polres Melawi Saat Operasi Pekat*

Menurutnya, hal tersebut disebabkan karena perbedaan tempat penelitian dan responden. “Penelitian kami sesuai dengan salah satu model teoritis yang bertujuan untuk mengatasi keterbatasan sehingga memberikan psikologi humor yang mapan dan akurat,” ujarnya.

Meskipun demikian, para periset juga menunjukkan bahwa gaya humor tertentu dapat digunakan untuk menyembunyikan maksud dan perasaan negatif.(Viva/TR)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Benarkah Sarapan Pisang Baik untuk Kesehatan?

Asahan

Ketua KONI Asahan saksikan ESI Asahan kalahkan tim pelatda ESI Sumut 

Berita

Sepanjang 35 Km Jalan Ring Road Samosir Tomok – Onanrunggu Rawan Longsor.

Berita

Waka Polda Kalbar: Serius dan Berkomitmen Tangani Covid-19 Di Kalbar,Pada Rapat Pertemuan Monitoring PPKM

Berita

Bupati Tapsel : Terus Lakukan Peningkatan Layanan Publik Untuk Kenyamanan dan Kemudahan Masyarakat

Berita

Kasus SIMADU Tahap Dik di Kejari Samosir, Calon TSK 2 Orang

Berita

PEMKAB TOBA JALIN KERJASAMA DENGAN MITRA INDUSTRI

Berita

Terbuka Kemungkinan PKS Koalisi dengan PDIP di Jakarta