Home / Berita / Korupsi / Nasional / Reviews

Rabu, 7 Februari 2018 - 12:27 WIB

Gubernur Sukarwo Belum Terima Surat Mundur Bupati Jombang

Viewer: 548
0 0
Terakhir Dibaca:1 Menit, 6 Detik

KompasNasional.com, Jakarta –¬†Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengaku belum menerima surat pengunduran diri Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko seusai ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan penerimaan suap dari dana kapitasi puskesmas di Kabupaten Jombang.

“Belum, sampai sekarang saya belum menerima surat pengunduran diri Pak Nyono,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Rabu, 7 Februari 2018.

Menurut dia, surat pengunduran diri dari kepala daerah harus tertulis dan disampaikan. Karena, dia melanjutkan, hal itu untuk ditindaklanjuti oleh Kementerian Dalam Negeri.

Baca Juga  Rapat Pari purna Jawaban Walikota Pontianak Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD

Terkait dengan pencalonan Nyono yang maju kembali untuk pemilihan kepala daerah Kabupaten Jombang 2018, menurut Soekarwo, hal itu akan tetap berlanjut. “Meski statusnya tersangka, namun belum ada keputusan hukum tetap. Jika nanti menang maka wakilnya yang jadi,” kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Adapun Nyono menyatakan siap mundur dari jabatannya sebagai Bupati Jombang dan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. “Otomatis, kalau saya harus mundur DPD Golkar Jatim maupun Bupati, saya iklas,” ujarnya saat keluar dari gerung KPK, Jakarta, Minggu, 4 Februari 2018.

Baca Juga  Dilema Dibalik Eksistensi Lulusan SMKN/S Sebagai Penyumbang TPT

Nyono pun mengatakan siap menjalani proses hukum yang kini menjeratnya. “Karena saya merasa bersalah melanggar hukum sehingga perjalanan ini harus dilakukan dan diikuti proses hukum,” ujarnya.

Selain Bupati Jombang, KPK juga menetapkan pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Jombang, Inna Silestyowati sebagai tersangka dalam kasus yang sama.(Tempo/TR)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Melalui Asimilasi dan Integrasi Guna Penanggulangan dan Pencegahan Penularan Covid-19, Lapas Kelas II A Pematangsiantar Bebaskan 23 WBP

Berita

Dimas Anggara Dipolisikan atas Dugaan Penganiayaan

Arsip

Bertemu Pengusaha di Medan, Jokowi Sosialisasikan Tax Amnesty

Berita

Samakan Visi dan Persepsi, Asintel Kasdam XII/Tpr Pimpin Rakernis Bidang Intelijen

Berita

Polda Kalbar Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla

Berita

Ratusan Lembar Surat Suara Pilgub Rusak

Berita

Koramil Jajaran Kodim 1203/Ktp Kerahkan Babinsa Amankan Sholat Idul Fitri 1442 H Dan Misa Kenaikan Isa Almasih.

Arsip

Pernikahannya Jadi Kontroversi, Muhammad Alvin Berikan Penjelasan