Home / Berita / Daerah / Kriminal / Reviews

Jumat, 19 Januari 2018 - 12:35 WIB

Bak Film Action, Bea Cukai Kejar Speedboat Gembog Narkoba di Aceh

Viewer: 533
0 0
Terakhir Dibaca:1 Menit, 22 Detik

KompasNasional.com, Jakarta – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil menggagalkan penyelundupan sabu seberat 40 kg dari Penang, Malaysia menuju Aceh Timur. Penindakan dilakukan sejak 9 hingga 11 Januari 2018.

Awalnya, pihak Bea Cukai mendapat informasi intelejen dari BNN akan ada penyelundupan sabu melalui jalur laut pada 9 Januari 2018. Tanpa pikir panjang, tim patroli Bea Cukai menyisir perairan Idi Rayeuk, Aceh Timur yang kemudian melihat speedboat mencurigakan.

 

“Tim melakukan pengejaran speedboat tersebut namun terkendala lantaran speedboat telah memasuki sungai Bagok, Aceh Timur,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam jumpa persnya di Gedung Bea Cukai Pusat, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (19/1/2018).

Baca Juga  Bupati Tapsel Pimpin Apel Gabungan Siaga Bencana Dan Kesiapan Pengamanan Pilkada 2020

Kapal yang digunakan tim Bea Cukai dengan jenis Kapal BC 15021 tak bisa melakukan pengejaran hingga ke sungai tersebut. Tim akhirnya berkoordinasi dengan petugas gabungan Bea Cukai dan BNN untuk melakukan penyelidikan.

Kemudian pada 10 Januari, tim gabungan berhasil menemukan pelaku yang akhirnya membuntuti HR yang kini menjadi tersangka. HR sendiri merupakan penerima sabu tersebut.

“Petugas melakukan pengejaran dengan sepeda motor dan menangkap pelaku. Tim juga menemukan 19 bungkus sabu yang ada di dalam karung,” kata dia.

Baca Juga  Peneliti UGM Ubah Limbah Kepiting Jadi Pestisida Ramah Lingkungan

Tim gabungan selanjutnya melakukan penyelidikan lebih lanjut dan berhasil menangkap AM yang mengantarkan sabu ke HR. Setelah AM tertangkap, tim juga menangkap JM yang bertugas sebagai pengambil sabu di tengah laut bersama AM.

“Petugas juga mengamankan SN yang berperan sebagai orang yang memindahkan sabu yang dibawa JN di speedboat untuk diberikan kepada HR,” terang dia.

Setelah keempatnya tertangkap, tim kembali melakukan penyelidikan dan berhasil mengungkap bahwa AM sebelumnya telah mengambil sabu sebanyak 39 bungkus seberat kurang lebih 39 kg di perairan Selat Malaka.

 

[L6/TR]

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Cabdisdik Siantar Gelar Sosialisasi Persiapan PTM Jenjang SMA,SMK dan SLB

Berita

Gelar Bakti Bhayangkara Khatulistiwa, Sat Lantas Polres Kapuas Hulu Berikan Voucher Pembuatan SIM

Berita

Akibat Melonjaknya Pengunjung, Pemkab Samosir Bersihkan Sampah di Pantai Batu Hoda

Berita

Forkopimcam Sajingan Besar Kenalkan Nilai – Nilai Wasbang Bagi Generasi Muda Di Perbatasan

Berita

Lembaga Pemasyarakatan Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin mengikuti kegiatan Desk

Arsip

Ustadz Solmed Dihadang Pria Berbadan Kekar, Ngaku Mau Dibunuh

Berita

Bupati Tapsel sidak, Tingkat Kehadiran ASN Tapsel Capai 94 Persen

Berita

Sekda dr.Harisson Kunjungi Galery Arsip Kalbar