Home / Berita / Ekonomi / Medan / Nasional / Reviews

Kamis, 18 Januari 2018 - 12:44 WIB

Anak Usaha PGN Operasikan Pembangkit Listrik di Tanjung Balai Karimun

Viewer: 460
0 0
Terakhir Dibaca:1 Menit, 42 Detik
KompasNasional.com – Salah satu anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT Widar Mandripa Nusantara (Widar), memasok listrik sebesar 5 megawatt (MW) ke Pulau Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.
Pasokan listrik tersebut akan digunakan di kawasan perdagangan bebas Zona II Tanjung Balai Karimun. Pencapaian ini merupakan kerja sama Widar dengan PT Karimun Power Plant (KPP) selaku pemegang wilayah usaha kelistrikan di wilayah tersebut.
“Pencapaian ini adalah perwujudan komitmen kami untuk terus menyebarkan energi baik ke seluruh wilayah,” kata Direktur Utama Widar, Rizal Wibisono dalam siaran persnya, Kamis (18/1).
Rizal mengatakan penyaluran tenaga listrik sebesar 5 MW itu akan dilakukan bertahap sesuai kebutuhan setrum di kawasan tersebut. “Saat ini, mayoritas pengguna listrik di wilayah tersebut adalah sektor industri,” ujar Rizal.

image: https://alibaba.kumpar.com/kumpar/image/upload/c_fill,g_face,f_jpg,q_auto,fl_progressive,fl_lossy,w_800/nkcatcdkubtedllwqmnu.jpg

Anak usaha PGN Operasikan 2 pembangkit listrikAnak usaha PGN Operasikan 2 pembangkit listrik (Foto: Dok. PGN)

Adanya tambahan daya listrik dari Widar, kata Rizal, akan memberi manfaat bagi industri di Tanjung Balai Karimun. Sebab, selama ini kebutuhan listrik untuk industri sebagian besar masih dipasok menggunakan genset diesel milik industri masing-masing.
“Dengan adanya listrik yang dipasok Widar melalui KPP ini sekaligus membantu industri setempat melakukan efisiensi energi,” ujar Rizal.
Efisiensi energi tersebut dilakukan dengan menggunakan pembangkit listrik berbahan bakar gas alam yang disiapkan Widar didukung PT Energi Powerindo Jaya (EPJ). PT EPJ ini bekerja sama dengan PT VPower Operation Services (VPOS).
Untuk pasokan gas, Rizal mengatakan berasal dari PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) yang juga anak usaha PT PGN dan PT Environment Technology International (ETI). Bentuknya berupa Compressed Natural Gas (CNG).
“Sinergi ini diharapkan terus berlanjut sehingga semakin terwujud salah satu komitmen PGN, baik secara langsung maupun melalui anak usahanya dalam menyalurkan energi baik ke pelosok Indonesia,” katanya.
Sebelumnya, Widar juga memasok listrik sebesar 3,3 MW ke Kawasan Pelabuhan PT Terminal Teluk Lamong, Jawa Timur. Pasokan listrik berasal dari 2 Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) hasil kerja sama operasi antara Widar dengan PT Lamongan Energi Indonesia (LEGI).

[KUM/TR]

Baca Juga  Mutu Pendidikan di Kota Pematangsiantar Diambang Kehancuran
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Melawi Bersama Polres Melawi Meninjau Langsung Perkembangan Banjir*

Berita

Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Karya Bhakti Bantu Renovasi Rumah Warga Perbatasan RI-Malaysia.

Berita

Kerusakan Hutan KEL Aceh Capai 3.920 Hektare Hingga Juli 2018

Berita

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematangsiantar Gelar Giat Sosial “Kumham Peduli,Kumham Berbagi”

Berita

Bupati Minta Gubernur Kembalikan Daud Jubedi ke Halsel Selesaikan Huntap

Berita

Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Menerima Kunjungan KJRI Kucing dan Tim SDMC Sarawak Malaysia

Berita

Komitmen Kikis Pungli, Wali Kota Edi Dianugerahi Penghargaan dari Saber Pungli RI

Berita

Dinas Sosial Adakan Bimtek Pengelolaan DTKS Kecamatan Pengkadan