Home / Berita / Daerah / Nasional / Reviews

Kamis, 15 Februari 2018 - 14:34 WIB

Puluhan Hektare Lahan Gambut Terbakar

Ilustrasi

Ilustrasi

Viewer: 792
0 0
Terakhir Dibaca:1 Menit, 23 Detik

KompasNasional.com | Pontianak – Puluhan hektare lahan gambut di Desa Pasir, Dusun Sebukit Rama Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat sejak Selasa (13/2) malam terbakar.

Komandan Kodim 1201/Mph Letkol Arm Anom Wirasunu di Mempawah, Kamis, mengatakan sejak Selasa malam pihaknya berupaya melakukan pemadaman agar api tidak meluas dan membakar areal gambut di dusun Sebukit Rama.

“Rabu kemarin kita sudah masuk ke lokasi sekitar 4 jam. Dari pukul 16.00 WIB dan keluar pukul 20.00 WIB. Di sana itu asapnya sudah pekat akibat dari kebakaran lahan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan selain musim panas, jenis tanah gambut dan angin kencang di beberapa wilayah di Kabupaten Mempawah rawan menimbulkan kebakaran. “Akibatnya seperti areal gambut ini. Begitu terbakar api semakin sulit untuk dipadamkan,” ujarnya.

Baca Juga  Bantu Program Pendidikan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis Menjadi Gadik Di Perbatasan.

Pantauan tim gabungan yang terjun memadamkan api mendata jumlah kebakaran lahan yang sedang terjadi di Mempawah Hilir itu terdapat di tiga titik. “Satu titiknya yang terbakar ada sekitar 30 hektare. Nanti akan kita pastikan secara langsung,” ungkap dandim.

Beberapa areal yang terbakar di Dusun sebukit Rama, Mempawah Hilir diantaranya merupakan ladang milik warga yang sudah tumbuh, yakni kebun buah naga dan kebun nanas.

Meski upaya pemadaman titik api dilakukan sejak sore Selasa dan dilanjutkan sejak Rabu pagi hingga sore hari, sejumlah titik api justru membakar areal gambut lainnya di dusun Sebukit Rama.

Baca Juga  Dandim 1208/Sambas Hadiri Upacara Pengibaran Bendera HUT RI Ke 76 Di Lapanagan

“Perbedaan kemarin dan sekarang cuma dari segi peralatan. Kemarin kami hanya memadamkan dengan satu damkar dan menggunakan mesin robin portable. Kita dapat tiga robin satu damkar,” ujar Dandim.

Selain tim BPBD Kabupaten Mempawah, proses penanggulangan kebakaran lahan di Dusun Sebukit Rama, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah sejak Rabu pagi hingga sore hari itu melibatkan puluhan anggota TNI dan sejumlah anggota Polres Mempawah.(Republika/TR)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Ketua TP. PKK Tapanuli Utara Berharap Kelak Warga Binaan Rutan Tarutung Menjadi Saksi Kuasa Tuhan.

Berita

Kapolres Samosir Sosialisasikan Bahaya Pinjol Ilegal

Berita

Mabes Polri Ambil Alih Kasus Edy Mulyadi

Arsip

16 Madridista Tewas Ditembak Jelang Laga Real Madrid Vs Deportivo

Berita

Wakapolda Kalbar Buka Lomba Orasi Mahasiswa Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-76

Berita

Hadiri Muscab Luar Biasa MPC PP Tapsel, Sekda : Semoga Lahir Pemimpin Hebat

Berita

Pastikan Berjalan Lancar, Koramil Serawai Kawal Pelaksanaan Swab di Desa Baras Nabun

Berita

Kaban Kesbangpol Serahkan Piagam Penghargaan Kemendagri Kepada Bupati Sintang.