Home / Berita / Daerah / Reviews

Rabu, 17 Januari 2018 - 11:35 WIB

Gempa Bumi ringan guncang Mamuju Tengah

Viewer: 486
0 0
Terakhir Dibaca:1 Menit, 20 Detik

KompasNasional.com, Makassar  РHasil analisa Badan Meteorlogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, terjadi gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat dengan kekuatan 4,9 pada skala Richter, Rabu.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 10.47 WITA dengan titik kordinat episenter 2.15 Lintang Selatan dan 119.02 Bujur Timur, di kedalaman 10 kilometer, dengan jarak 52 kilometer Barat Daya Kota Mamuju Tengah, Sulbar.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi ke dalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Selat Makassar.? Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” sebut Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar, A Fachri Radjab

Baca Juga  Peragaan Dari Dit Samapta Dan Sat Brimob Dihadapan Wakapolda Kalbar Dan Para Siswa

Berdasarkan siaran pers diterima, hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa Bumi dirasakan di Tampa Padang dan Malunda II- III SIG-BMKG (III-IV MMI).

Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan banyak orang, namun tidak terjadi kerusakan akibat dampak getaran gempa Bumi yang terjadi.

Selain itu, hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan telah terjadi satu kali gempa bumi susulan pada pukul 11:12:09 WITA dengan kekuatan 3,4 pada skala Richter.

Baca Juga  Polres Samosir Berhasil Amankan Hari Kedua Lomba Lari Trail of The Kings 2024¬†

Gempa tersebut diketahui terdetksi pada titik koordinat episenter 2.39 LS dan 118.90 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 71 kilometer Barat Laut Majene, Sulawesi Barat, pada kedalaman 26 kilometer.

Meski terjadi gempa bumi tersebut, belum ada laporan akan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa dan hanya getaran kuat yang dirasakan di sekitar wilayah Mamuju Tengah.

“Masyarakat yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” harap Rajab.

[AN/TR]

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

BKK SMK Swasta Teladan Pematangsiantar Terima Penghargaan Dari PT. Cipta Futura

Berita

HAB ke-76 Kemenag, Wali Kota Edi Ajak Warga Rawat Toleransi dan Kerukunan

Berita

Tabung Gas Meledak, 4 Pekerja Kafe Kena Luka Bakar Parah

Berita

Pemkab Samosir Laksanakan MUSRENBANG Kecamatan Sitiotio

Berita

Bupati Samosir Launching Pembayaran Non Tunai Berbasis QRIS

Asahan

Ketua KONI Asahan Monitoring Atlit Prioritas

Arsip

Kendala Biaya, Keluarga Bingung Makamkan Jenazah Yana Zein

Berita

Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan mengadakan kegiatan Jalan Sehat Semarak G20 di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel, Jum’at (21/10).