Home / Berita / Medan / Reviews

Selasa, 20 Februari 2018 - 12:36 WIB

Dahsyatnya Erupsi Sinabung Membuat Petani Karo Terancam Gagal Panen

Ilustrasi sumber: Satu harapan

Ilustrasi sumber: Satu harapan

Viewer: 458
0 0
Terakhir Dibaca:2 Menit, 0 Detik

KompasNasional.com, Medan | Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Medan, Sumatera Utara (Sumut) kembali meletus. Akibat letusan ini, sejumlah kawasan di kaki Gunung Sinabung sempat gelap gulita karena tertutup hujan abu vulkanik yang cukup pekat.

Sejauh ini sebanyak empat kecamatan tertutup abu vulaknik. Di antaranya Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Payung, Kecamatan Naman, Kecamatan Tigabinanga, Kecamatan Kutabuluh dan Kecamatan Juhar.

Warga di empat kecamatan tersebut untuk sementara diminta tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Ngatur Sembiring salah seorang warga mengatakan, kondisi di luar rumah sangat pekat dan tidak memungkinkan melakukan aktivitas.

“Pekat sekali abunya, enggak mungkin bisa beraktivitas. Ke ladang juga percuma karena enggak bisa kerja,” ungkap Ngatur, Selasa (19/2/2018) kepada iNews.id.

Ngatur juga mengatakan, sejumlah tanaman miliknya dipastikan gagal gagal panen akibat tebalnya paparan abu vulkanik. “Rusak parah tanaman aku ini. Tebal sekali soalnya abunya, pasti gagal panen semua,” ungkapnya.

Baca Juga  Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Perbatasan, Satgas Pamtas Yonif Lakukan Pengobatan Door to Door dan pembagian masker.*

Diketahui, lahan Ngatur yang ditanami tomat seluruhnya ditutupi abu vulkanik yang dimuntahkan Gunung Sinabung. “Kalau gagal panen kami bisa rugi hingga Rp30 juta,” katanya.

Senada dengan Ngatur, Edison Purba yang merupakan warga Desa Batukarang juga mengalami hal serupa. Seluruh ladang miliknya yang tengah ditanami cabai dipastikan gagal panen. Menurut Edison akibat dari erupsi ini dia mengalami kerugian sekitar Rp10 juta rupiah.

“Baru tanam cabai aku, masih setinggi 30 cm tinggi pohonnya. Kalau gini tebalnya pasti mati. Mau gak mau harus tanam ulang. Berarti harus beli bibit lagi. Tambah modal lagi,” ucap Edison.

Petugas pemantau Gunung Sinabung Armen Putra mengatakan, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut meletus dengan tinggi kolom erupsi mencapai 5.000 meter, amp 120 mm yang diikuti gempa selama 607 detik. Erupsi juga mengakibatkan semburan awan panas di sektor selatan-tenggara sejauh 4.900 meter sedangkan sektor tenggara-timur sejauh 3500 meter.

Baca Juga  Bupati Pekalongan Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN

“Akibat erupsi ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyakaraat untuk tidak keluar rumah karena akan ada hujan abu tebal yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Naman, Kecamatan Payung dan Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Berastagi, dan Kecamatan Kabanjahe,” kata Armen.

Melihat tingginya aktivitas gunung sinabung, Armen juga mengingatkan masyarakat dan wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 KM dari puncak, dan dalam jarak 7 KM untuk sektor selatan-tenggara, jarak 6 KM untuk sektor tenggara-timur, serta 4 KM untuk sektor utara-timur dari gunung Sinabung. “Aktivitas Gunung Api Sinabung masih sangat tinggi, untuk masyarakat dan wisatawan untuk tidak mendekat dan memasuki zona merah yang telah di tetapkan PVMBG,” ucapnya.(Inews/TR)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Polresta Pontianak Serahkan 14 Ekor Hewan Qurban Idul Adha 1442 H

Berita

Miliki 0,43 Gram Sabu Suranta Di Proses Hukum Sat Narkoba Polres Siantar

Berita

Sekda Tapsel Hadiri Ujian SKB CPNS Formasi Tahun 2019

Berita

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns Gotong Royong Melanjutkan Pembangunan Masjid Di Perbatasan.

Berita

Wanita Dibawah Umur Asal Sirandorung Jadi Korban Cabul dan Kekerasan

Berita

MoU Dengan BPJS Ketenagakerjaan, 178 Siswa Peserta PKL SMK Swasta Teladan Pematangsiantar Dapat Perlindungan Jaminan Sosial

Berita

Bupati Taput Secara Resmi Buka Lomba Vlog Gerakan 3M Anak Muda Millenial

Berita

Eratkan Silaturahmi, Plt. Ketua dan Pengurus DPD II Partai Golkar Tapteng Sembangi Kediaman Sesepuh Golkar